wisata edukasi kampung coklat

Wisata Edukasi Kampung Coklat Ini Beda dari yang Lain!

Wisata Edukasi Kampung Coklat – Saat berkunjung ke Kota Blitar, rasanya tidak lengkap bila tak menyambangi wisata Edukasi Kampung Coklat. Bagi para pecinta cokelat, tempat ini wajib untuk didatangi. Banyak hal yang bisa dinikmati, seperti mengetahui cara produksi cokelat, budidaya tanaman dan lainnya.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengunjung disini. Tak hanya cocok untuk wisata bersama keluarga dan teman, namun cocok untuk tempat edukasi atau dijadikan tujuan school trip. Ada paket Edukasi dan Observasi untuk belajar lebih akan tumbuhan kakao di rumah pembibitan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Edukasi Kampung Coklat

Lokasi Kampung Coklat ini tepatnya berada di Desa Plosorejo, Kabupaten Blitar, menjadikannya destinasi wisata favorit di kota ini. Bagaimana tidak, tempat wisata ini cukup unik dan jarang ditemui di tempat lain. Ada beberapa pilihan akses untuk menuju lokasi, diantaranya:

  • Rute pertama dari Kota Blitar. Jika wisatawan berlokasi di Kota Blitar, bisa mengambil arah selatan atau menuju Kecamatan Jembatan Kademangan. Kemudian, ada pertigaan ambil lurus. Selanjutnya ikuti plang petunjuk jalan yang tersedia hingga sampai tujuan.
  • Rute kedua dari Stasiun Blitar. Wisatawan bisa menuju Jalan Mastrip. Lurus terus dan belok kiri menuju Jalan Raya Trisula. Lalu ambil kiri menuju Jalan Banteng Blorok, hingga sampai tujuan.
  • Rute ketiga dari Tulungagung. Ikuti jalan menuju arah Blitar dengan melewati Jembatan Kademangan. Setelah melewati jembatan, silahkan putar balik dan ambil kiri. Kemudian ikuti jalan sampai menemukan lampu merah selatan Pasar Kademangan. Dilanjutkan belok kiri dan sampai tujuan.

Harga tiket masuk ke Kampung Coklat terjangkau hanya Rp20.000,- per orang. Jam buka wisata ini 08.00-16.00 WIB untuk weekday dan jam 08.00-17.30 untuk weekend. Bagi pengunjung yang ingin datang kesini, harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni:

Baca juga : Wisata Green Canyon Pangandaran

  • Minimal sudah mendapatkan vaksin untuk dosis pertama.
  • Saat berkunjung melakukan scan barcode Peduli Lindungi.
  • Ikuti protokol kesehatan yang berlaku selama di kawasan tersebut
  • Untuk anak umur 2 tahun wajib memiliki tiket masuk.

Ragam Aktivitas di Kampung Coklat Blitar

Banyak aktivitas yang bisa dinikmati dan dilakukan oleh wisatawan di Kampung Coklat, terutama yang berkaitan dengan dunia coklat. Mulai dari mengetahui cara menanam tanaman coklat, menghias dan memasak dari bahan coklat hingga mencicipinya. Untuk lebih jelasnya, simka uraian berikut:

1. Wisata Edukasi dan Observasi

Kampung Coklat menawarkan paket wisata edukasi dan observasi untuk mengetahui tanaman Kakao. Disini bisa mengetahui cara menanam hingga mengolah hasil panen supaya bisa menghasilkan olahan coklat yang lezat dan bisa dipasarkan. Ada beberapa harga untuk wisata ini, diantaranya:

  • Edukasi A untuk PAUD dan TK. Harga paket ini merogoh Rp30.000,- per anak.
  • Edukasi B untuk SD dan SMP. Harga paket ini sebesar Rp35.000,- per siswa.
  • Edukasi C untuk SMA dan Mahasiswa. Harganya yaitu Rp45.000 per siswa.
  • Observasi untuk umum. Paket ini ditujukan untuk pengunjung umum dengan biaya Rp41.000 per orang.

Baca juga : Desa Wisata Kaki Langit

2. Galeri Cokelat

Bagi pengunjung yang datang ke Wisata Edukasi Kampung Coklat, bisa membawa pulang beragam jenis produk olahan coklat. Diantaranya yaitu brownies, keripik, dan juga coklat dengan aneka rasa dan bentuk. Tersedia juga beberapa souvenir lainnya seperti mug, tas, dan baju.

3. Terapi Ikan

Jika merasa lelah telah berkeliling, pengunjung bisa mendatangi terapi Ikan untuk istirahat sejenak. Dengan mencelupkan kaki ke kolam berisikan ikan kecil dan akan merasakan sensasi geli dari digigit ikan tersebut. Untuk menikmati ini, pengunjung harus membayar Rp5.000 saja per orang.

4. Kereta Lokomotif

Bagi pengunjung yang membawa anak tak perlu khawatir, karena ada kereta lokomotif yang bisa dinikmati oleh si kecil. Harga cukup terjangkau yaitu Rp15.000,- per anak. Ini khusus anak yang berusia dibawah 5 tahun dan bisa didampingi oleh orang tua.

5. Wisata Kuliner

Ke tempat wisata terasa kurang apabila tidak menikmati kulinernya. Tak ketinggalan, di Kampung Coklat tersedia wisata kuliner yang bisa menjadi pilihan pengunjung apalagi yang tidak membawa bekal. Tersedia warung prasmanan yang menyajikan masakan khas jawa yang lezat dan ramah dikantong.

Itulah informasi mengenai Wisata Edukasi Kampung Coklat, mulai dari lokasi, rute, harga tiket masuk dan ragam aktivitas yang bisa dinikmati. Semakin tertarik untuk mengunjunginya bukan?

5/5 - (1 vote)
Jefri Salahudin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Wisata Edukasi Kampung Coklat Ini Beda dari yang Lain! yang dipublish pada Agustus 21, 2022 di website ALUR Berita

Artikel Terkait

Leave a Comment