wisata sumber maron malang

Inilah Wisata Sumber Maron Malang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Sumber Maron Malang – Jika sedang berkunjung ke Kota Malang, wisata Sumber Maron Malang merupakan alternatif yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan keindahan alam yang eksotis, aliran sungai yang jernih dan segar dijamin bisa menghilangkan penat para wisatawan.

Bertamasya santai bersama teman atau keluarga bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Di samping keindahan alamnya yang diunggulkan, Sumber Maron juga menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas menarik lainnya. Lantas bagaimana informasi lengkapnya? Berikut uraiannya:

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Sumber Maron Malang

Letak wisata ini, persis berada pada perbatasan kecamatan Gondanglegi dan Kepanjen. Tepatnya di dusun Adiluwih, Karangsuko, Pagelaran, kabupaten Malang. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan bisa menggunakan 2 jalur.

Jalur utama, bisa dilalui dari Stadion Kanjuruhan yang ada di Kepanjen. Sedangkan jalur kedua yakni melalui pertigaan pasar Gondanglegi. Akses ke lokasi wisata Sumber Maron Malang cukup lebar dan halus sehingga bisa dilewati baik kendaraan roda 2 atau 4.

Baca juga : Wisata Edukasi Kampung Coklat

Kawasan wisata ini, memiliki jam operasional dari 07.00-18.00 WIB. Kemudian tarif tiket masuk tidak dikenakan biaya atau gratis, hanya saja wisatawan perlu membayar parkir saja. Bagi kendaraan roda 2 dikenakan Rp 2.000 dan seharga Rp 5.000 bagi kendaraan roda 4.

Agar lebih seru, wisatawan juga bisa menyewa ban dengan harga Rp 3.000 (ban kecil) dan Rp 7.000 (ban sedang). Bila ingin melakukan river tubing, sewa ban dikenakan sebesar Rp 10.000. Ban yang telah disewa bisa digunakan sepuasnya.

Fasilitas Wisata Sumber Maron Malang

Tak lengkap rasanya bila membahas tempat wisata tanpa menyinggung fasilitas yang dimilikinya. Sumber Maron telah mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat, sebab lokasi ini juga dijadikan PLTMH. Sehingga tak heran bila wisata ini memiliki fasilitas cukup komplit, yaitu:

  • Persewaan ban.
  • Persewaan baju renang.
  • Tempat duduk yang nyaman.
  • Persewaan karpet.
  • Area parkir luas.
  • Kamar ganti dan toilet.
  • Loker penyimpanan.
  • Kios atau warung makan.

Baca juga : Wisata Green Canyon Pangandaran

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Di Tempat Wisata Sumber Maron Malang

Tak hanya dapat menikmati keindahan alam yang terdapat pada Sumber Maron saja, tetapi banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan. Apa saja aktivitas menarik yang dapat dilakukan di wisata Sumber Maron Malang? Berikut diantaranya:

  • Menikmati sumber mata air. Jadi sambil berjalan-jalan menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa melihat sumber mata air langsung. Selain itu, keindahan yang disajikan adalah seperti pedesaan, persawahan, dan kawasan hutan lindungi yang mengelilingi wisata.
  • Tentunya hal pertama yang pasti tergambar dalam benak wisatawan ketika mendengar wisata Sumber Maron adalah berenang. Wisata ini menawarkan sumber air yang masih asri dan alami, tentu hal ini sangat menyegarkan tubuh.
  • Underwater photography. Selain bisa melakukan renang keindahan alam yang disajikan juga memungkinkan peserta untuk melakukan foto di bawah air.
  • River Permainan adrenalin ini dilakukan dengan cara mengapung di atas ban untuk menyusuri sungai. Dalam perjalanan, wisatawan akan dihadapkan oleh jeram-jeram kecil dan derasnya arus sungai. Namun tenang saja, karena di sepanjang jalan wisatawan akan dibantu pemandu.
  • Bermain flying fox. Bagi para pecinta permainan uji adrenalin pasti sudah sangat familiar dengan permainan ini.
  • Edukasi sumber tenaga ramah lingkungan. Sebab lokasi ini juga diperuntukkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Sehingga lingkungan sekitar tak membutuhkan listrik dari PLN. Tentunya hal ini sangat menarik apalagi jika bisa memberikan edukasi terhadap anak-anak atau keluarga saat berlibur.

Menariknya banyak hal yang bisa dilakukan di wisata Sumber Maron Malang dapat dinikmati secara gratis. Persewaan alat yang terdapat pada kawasan wisata inipun tergolong sangat murah. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi wisata Sumber Maron.

5/5 - (1 vote)
Jefri Salahudin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Inilah Wisata Sumber Maron Malang yang Wajib Dikunjungi yang dipublish pada Agustus 22, 2022 di website ALUR Berita

Artikel Terkait

Leave a Comment