wisata pantai parangtritis

Kenali Wisata Pantai Parangtritis Beserta Informasi Lengkapnya!

Wisata Pantai Parangtritis – Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta belum lengkap rasanya bila tak berlibur ke wisata Pantai Parangtritis yang sangat tersohor. Pantai Parangtritis yang dijuluki Pantai Ratu Selatan ini tak hanya terkenal di daerah saja tetapi di lingkup nasional.

Namun dibalik cerita mistisnya, nyatanya Pantai Parangtritis memiliki beragam daya tarik yang bisa dinikmati bersama keluarga, teman, maupun pasangan.Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya berikut ini:

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Wisata ini terletak di Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju tempat ini wisatawan juga tak perlu bingung, karena sudah banyak petunjuk jalan yang diberikan di sepanjang jalan Yogyakarta.

Harga tiket masuk wisata Pantai Parangtritis yang dikenakan per orang adalah Rp 10.000. Sedangkan untuk parkir Rp 2.000 (untuk roda 2) dan Rp 5.000 (untuk roda 4). Wisatawan bisa dengan bebas mengunjungi pantai ini dari 07.00-17.00 WIB.

Baca juga : Wisata Sumber Maron Malang

Tetapi tak sedikit juga, para wisatawan datang ke tempat ini pada malam hari. Sebab, banyak wisatawan yang senang dengan suasana pantai di malam hari. Akses ke Pantai Parangtritis pun tidak ditutup jadi bebas dikunjungi.

Fasilitas yang Ada di Pantai Parangtritis

Sama halnya seperti tempat wisata pada umumnya, Pantai Parangtritis juga menyediakan berbagai fasilitas. Dengan fasilitas yang bisa dipakai untuk umum ini tentunya sangat membantu para pengunjung. Berikut beberapa fasilitasnya:

  • Area parkir luas.
  • Toilet dan kamar bilas.
  • Warung makan.
  • Gardu pandang.

Jadi, wisatawan bisa menikmati liburan dengan nyaman di Pantai Parangtritis karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan memadai. Tak perlu membawa bekal, sebab di pantai ini sudah banyak warung makan yang memiliki menu variatif.

Baca juga : Wisata Edukasi Kampung Coklat

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis

Jangan salah, wisata Pantai Parangtritis tak seperti pantai pada umumnya. Sebab ada banyak sekali aktivitas seru bisa dilakukan di sekitarnya. Dari mulai menikmati keindahan hingga uji adrenalin, seperti berikut ini:

  • Terbang dengan paralayang. Pantai ini merupakan salah satu spot yang tepat untuk tandem Paralayang di wilayah Jawa. Jadi jika ingin menguji adrenalin, wisatawan bisa mencoba hal ini.
  • Naik bendi atau delman menyusuri bibir pantai. Aktivitas ini bahkan seringkali dijadikan sebagai spot pemotretan pre-wedding karena pemandangannya sangat cantik sekali.
  • Nikmati air terjun Parang Endog. Letaknya ada di sebelah timur pantai. Pemandangannya yang sungguh istimewa pasti akan memanjakan mata para wisatawan.
  • Main layang-layang. Angin laut yang kencang sangat cocok untuk memainkan layang-layang. Aktivitas ini sudah tidak asing ditemui di Pantai Parangtritis.
  • Susur pantai dengan kuda. Wisatawan juga bisa melakukan hal ini di Pantai Parangtritis. Namun jangan cemas jika takut melakukannya karena wisatawan akan didampingi langsung oleh pawang kuda.
  • Kendarai ATV. Meski terdengar umum dilakukan, namun mengendarai ATV di Pantai Parangtritis cukup memberi tantangan tersendiri karena mengendarainya di atas pasir menjadi tantangan tersendiri.
  • Berselancar atau Ganasnya ombak di laut selatan membuat para pemain selancar tertantang untuk main di tempat ini. Namun aktivitas ini harus dilakukan oleh ahlinya.
  • Menikmati senja. Wisata Pantai Parangtritis juga identik sebagai spot terbaik untuk menikmati senja. Desiran angin yang bertiup lembut dan deburan ombak menambah kesyahduan para penikmat senja di tempat ini.
  • Makan jagung bakar. Sembari melakukan aktivitas lainnya lebih seru jika menikmatinya dengan memakan jagung bakar. Terlebih bila melakukannya menjelang matahari terbenam di sore hingga malam hari.

Begitulah informasi lengkap mengenai wisata Pantai Parangtritis yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini sangat direkomendasikan karena para wisatawan bisa mengunjungi beberapa wisata sekaligus dalam satu kawasan.

5/5 - (1 vote)
Jefri Salahudin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kenali Wisata Pantai Parangtritis Beserta Informasi Lengkapnya! yang dipublish pada Agustus 23, 2022 di website ALUR Berita

Artikel Terkait

Leave a Comment