Setting Kartu Smartfren

Cara Setting Kartu Smartfren Yang Bisa Kamu Lakukan

Setting Kartu Smartfren – Dalam setiap penyedia layanan seluler, pastinya terdapat berbagai setting yang harus kita aktifkan terlebih dahulu. Hal ini berguna agar bisa mengaktifkan fitur yang disediakan oleh provider tersebut. Tidak terkecuali untuk kartu smartfren. Kita juga harus mengetahui setting kartu smartfren.

Salah satu setting dari kartu provider yang harus kita ketahui dan pahami adalah setting APN. APN adalah kepanjangan dari Acces Point Name. Pengertian serta fungsi APN ialah untuk gateway antara jaringan seluler GSM, dengan jaringan 3G atau 4G serta jaringan gadget. Salah satu provider yang menawarkan fitur APN ialah Smartfren.

Terdapat cara setting APN yang akan membantu untuk mepercepat jaringan internet yang ada di smartphone atau gadget yang kita pakai. APN juga akan mengatur semua kebutuhan pada jaringan operator yang kita gunakan. Setting kartu smartfren yang menyediakan APN dapat mempengaruhi IP, Proxy, server, dan masih banyak lagi supaya kita dapat tersambung dengan jaringan internet.

Setting kartu smartfren

Setiap operator memiliki setting APN Default tidak terkecuali juga smartfren. Dalam setting kartu smartfren pasti menyediakan APN Default juga yang akan secara langsung terpasang sehingga dapat kita gunakan. Namun, sayangnya setting kartu smartfren yang terdapat APN ini tidak selamanya menawarkan internet yang kencang saat kita memerlukan jaringan internet kencang.

Untuk itulah, kita perlu tahu cara setting kartu smartfren yang terdapat APN supaya internet yang kita gunakan melalui provider ini dapat semakin kencang dan responsive waktu pemakaiannya. Pengaturan APN dapat meningkatkan kualitas jaringan yang lebih baik dengan berbagai cara serta langkah pengaturan yang dapat dilakukan. Menggunakan layanan dari kartu Smartfren, kita dapat menghadapi berbagai kendala seperti lambat ketika dipakai browsing, download, ataupun streaming video online.

Berikut cara setting kartu smartfren dengan APN dalam beberapa Langkah, yaitu sebagai berikut :

Baca juga : Review Paket Unlimited Youtube Indosat

  1. Setting APN Smartfren 4G LTE yang digunakan dalam GSM Android

Setting APN Smartfren yang dapat kita lakukan yang pertama adalah bagi pengguna yang memiliki smartphone dengan fitur 4G LTE untuk GSM Android. Langkah pertama, kita buka terlebih dahulu menu Settings pada smartphone. Kemudian, pilih menu Celular Networks Settings atau pilih menu Mobile Networks Settings. Selanjutnya, Pilih menu Access Point Names sesuai dengan slot kartu SIM yang kita pilih.

Setelah itu pengguna dapat memilih ‘Add APN’ dan isilah APN tersebut sesuai dengan keinginan lalu ‘Save Settings’ yang telah kita masukkan. Kita dapat memasukkan Nama: Smartfren4G, APN Smartfren4G dengan Nama Pengguna provider smartfren dan juga Sandi smartfren. Kemudian pilihlah untuk jenis autentikasi PAP atau CHAP serta Jenis APN default, supl, xpal dengan pilihan Protokol APN dan juga roaming APN IPv4/IPv6.

  1. Setting APN Smartfren bagi pengguna Iphone

Cara setting APN Smartfren berikutnya ialah bagi pengguna iOS pada iPhone. Langkah pertama yang harus kita tempuh adalah dengan Masuk pada Menu Pengaturan. Lalu, pilih menu Settings dan juga pilih Cellular. Kemudian, pilihlah menu Setting APN Smartfren lalu klik Cellular Data Network. Dalam pengaturan APN Smartfren yang perlu kita masukkan, kita dapat mengisi pilihan APN dengan internet yang ada pada pilihan Cellular Data.

  1. Setting APN kartu Smartfren bagi 4G LTE Default

Cara setting APN Smartfren selanjutnya adalah untuk semua smartphone. Kita dapat memasukkan Nama “smartFren4G” dan APN “smartfrem4G”. kemudian, kita masukkan juga Nama Pengguna “smartfren” dan Sandi “smartfren”. Lalu, setelah itu masukkan MMSC yang berupa http://10.17.93.103:8080, Proxy MMS 10.17.27.250, serta Port MMS 8080. Setelah, itu kita setting MCC menjadi 510 dan juga MNC menjadi 09. Pilih Jenis Autentikasi yang berupa PAP atau CHAP dan jenis APN dengan rupa Default, MMS, dan supl. Kemudian selanjutnya pilihlah Protokol APN IPv4/IPv6 serta Protokol Roaming IPv4. Dan yang terakhir pilihlan Bearer LTE.

  1. Setting APN Smartfren bagi Smartfren Globe

Setting APN Smartfren kali ini merupakan setting APN bagi kebutuhan browsing internal yang lebih cepat. Kita dapat memasukkan Nama “Smartfren4G” kemudian masukkan APN “real.globe.com.ph”. Lalu, pilihlah Proxy “141.0.11.241”, dan juga Nama Pengguna dan Sandi “smartfren”. Selanjutnya masukkan lah MCC : 510 dan MNC : 28. Dan, setelah itu setting Jenis autentikasi yang berupa PAP atau CHAP dan Jenis APN berupa default, supl, xcap. Tahap terakhir masukkan Protokol APN serta Protokol Roaming “IPv4/IPv6”.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Menonton YouTube

  1. Setting APN Smartfren Unlimited

Setting APN Smartfren kali ini sangatlah cocok bagi koneksi internet yang lebih stabil di mana saja dan kapan saja. Dan tentunya sesuai sekali bagi mereka pengguna paket unlimited dari Smartfren 4G. Pertama kita dapat memasukkan Nama: Smartfren Unlimited 4G dan APN: smartfren4g. Kemudian, Port: 80, Nama Pengguna: smartfren, serta Sandi: smartfren.

Kemudian selanjutnya pilihlah MMSC: 10.17.27.250 dan juga Proxy MMS: 10.17.27.250. Setelahnya setting Port MMS: 8080 dengan MCC: 510 dan juga MNC: 09. Tahap berikutnya yaitu masukkan Jenis autentikasi: PAP atau CHAP dan Jenis APN: default,supl,xcap. Bagi Protokol dan Protokol Roaming, kita dapat memilih APN: IPv4/IPv6.

  1. Setting APN Smartfren Tercepat

Pilihan setting APN Smartfren yang selanjutnya dapat kita gunakan untuk mempercepat penggunaan internet di media sosial dan Youtube. Dalam penggunaannya di media sosial, kita dapat memasukkan Nama: Smartfren 4G LTE dan APN: extice.co.id. setelah itu masukkan juga Nama Pengguna: smartfren dan Sandi: smartfren. Kemudian, tak lupa untuk masukkan MCC: 510 dan MNC: 09 dengan Jenis autentikasi: PAP atau CHAP dan Jenis APN: default,supl,xcap. Tahap selanjutnya, masukkan Protokol APN serta Protokol Roaming berupa APv4/IPv6.

Bagi kebutuhan streaming Youtube yang lebih cepat, kita dapat mulai mengaktifkan dengan melakukan setting APN Smartfren berupa Nama: Leskompi dan juga APN: 3g-d-2.ocn.ne.jp dengan Proxy: 180.250.63.99 dan Port: 80. Kemudian setelah itu masukkan juga Nama Pengguna: smartfren dan Sandi: smartfren. Lalu, jika sudah melakukan Langkah sebelumnya masukkan MCC: 510 dan MNC: 09. Untuk Jenis autentikasi kita dapat memilih PAP atau CHAP dan Jenis APN: default,supl,xcap. Dan, yang terakhir masukkan juga Protokol APN dan Protokol Roaming PAN yang berupa IPv4/IPv6.

Itulah beberapa cara setting APN kartu provider Smartfren dengan berbagai cara dan juga langkah. Pilihlah dari cara setting APN Smartfren diatas yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kecepatan internet yang kita inginkan. Berbagai macam pilihan setting APN Smartfren tidak akan bekerja dengan baik jika tidak di dukung dengan paket internet Smartfren yang cepat dan cocok dengan kebutuhan internet pengguna.

Kita dapat membeli paket data internet Smartfren melalui ShopBack. Sekarang untuk membeli paket internet kita tidak harus ke toko pulsa atau counter hp. Sekarang, perkembangan dunia digital memang sangat pesat. Sekelas pulsa untuk paket internet kita dapat dibeli menggunakan E-commerce. Tak terkecuali Shopback yang merupakan salah satu E-commerce yang dapat melayani pembelian pulsa internet secara digital.

5/5 - (1 vote)
Jefri Salahudin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Setting Kartu Smartfren Yang Bisa Kamu Lakukan yang dipublish pada Agustus 26, 2022 di website ALUR Berita

Artikel Terkait

Leave a Comment