desa wisata kaki langit

Aktivitas di Desa Wisata Kaki Langit Yang Patut Dicoba

Desa Wisata Kaki Langit menawarkan paket wisata edukasi alam yang sangat cocok untuk keluarga. Pasca pandemic Covid-19, sudah waktunya dunia pariwisata bergeliat kembali dan salah satunya melalui wisata edukasi yang dibutuhkan oleh keluarga Indonesia.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Desa Wisata Kaki Langit

Lahirnya tempat wisata di Bantul yang sarat dengan filosofi dan muatan edukasi ini berasal dari gagasan tentang pariwisata berkelanjutan dari para pengurus KKLKMD Pedukuhan Mangunan di tahun 2014.

Harga tiket masuk lokasi ini sangat terjangkau. hanya dengan 20 ribu rupiah saja, pengunjung sudah dapat bertualang menjelajahi desa dengan penampilan alam yang sangat epik dan pengalaman berwisata yang berbeda tentunya.

Untuk menjangkau lokasi ini, pengunjung dapat mengambil rute dari pusat kota Yogyakarta menuju Bantul dengan jarak tempuh sekitar 20 KM. Waktu tempuh dari Yogyakarta hingga tiba di lokasi adalah  kurang dari 1 jam tergantung pada kondisi jalan.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Desa Kaki Langit ?

Banyak kegiatan yang ditawarkan di Desa Wisata Kaki Langit. Semua kegiatan ini dijamin sarat dengan muatan kearifan lokal dan edukasi yang pas untuk keluarga. Desa Kaki Langit memang diciptakan sebagai wahana bagi keluarga untuk mencicipi kehidupan pedesaan.

Baca juga : Wisata Pasir Putih PIK 2

1. Wisata Kuliner Tradisional

Kegiatan Menarik yang bisa dilakukan pengunjung di desa ini adalah berburu kuliner tradisional. Di Pasar Kaki Langit yang dahulu bernama Pasar Sabtu Minggu atau Pasar Semi. Di pasar ini ada sekitar 12 lapak penjual makanan tradisional.

Para penjaja makanan siap memenuhi rasa penasaran pengunjung akan rasa masakan tradisional yang ditawarkan. contoh makanan yang bisa ditemui yaitu gudeg manggar, gudangan, pecel dan sebagainya. Uniknya pengunjung akan membayar dengan koin yang sudah disiapkan.

2. Menonton Pertunjukkan Kesenian

Selain berburu kuliner, pengunjung Desa Wisata Kaki Langit dapat menonton pertunjukkan yang digelar. Aneka ragam pertunjukkan kesenian seperti Gejog Lesung, Cokek, Tari Gambyong dan aneka tari daerah lainnya akan membuat pengunjung antusias.

Tak hanya menonton, pengunjung juga bisa ikut terlibat dalam pertunjukkan. Pengunjung diperbolehkan ikut menari atau bermain musik bersama. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung.

3. Menikmati Malam di Pedesaan

Suasana malam hari di pedesaan sangat berbeda dengan perkotaan yang selalu hiruk pikuk dan hingar bingar oleh kegiatan selama 24 jam. Suasana malam di desa wisata Kaki Langit bisa menjadi obat bagi para pengunjung yang rindu kampung halaman dan suasananya.

Baca juga : Snorkeling Pantai Sadranan

Pengunjung yang ingin bermalam bisa memesan sebuah penginapan yang berarsitektur pedesaan seharga 150 hingga 200 ribu per malam. Walaupun tampilannya tradisional namun fasilitas didalamnya cukup lengkap dan nyaman.

4. Berbelanja Buah Tangan dan Souvenir

Mengunjungi sebuah lokasi wisata tidak lengkap jika tidak diakhiri dengan berburu buah tangan dan souvenir khas daerah tersebut. Ciri khas desa Kaki LAngit adalah hasil kerajinan tangan dari kayu seperti pigura, meja, kursi, asbak atau kap lampu.

Disini pengunjung juga bisa berburu oleh-oleh jamu herbal hasil dari kerajinan rakyat yang fokus pada pembuatan jamu tradisional. Pengunjung juga dapat membeli cinderamata produk kreatif seperti miniatur rumah limas dan sebagainya.

5. Menikmati Suasana Pedesaan Tempo Dulu

Keunikan yang bisa dinikmati dari wisata edukasi di Desa Kaki Langit adalah suasana alamnya yang sangat khas pedesaan tempo dulu. Pengunjung akan disuguhi kesibukan pedesaan dengan segala aksen khas tradisionalnya.

Walaupun memiliki konsep sebagai daerah wisata berkelanjutan, namun suasana asri pedesaan dan semua yang berkaitan dengan alam tempo dulu sangat dijaga di desa ini. Karena itu, desa ini tetap dengan segala ciri khas yang dimilikinya.

Suguhan wisata edukasi yang lekat dengan alam sangat cocok untuk keluarga. Berwisata di Desa Wisata Kaki Langit akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda dan tentunya memberi sesi refreshing yang menyenangkan.

5/5 - (1 vote)
Jefri Salahudin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Aktivitas di Desa Wisata Kaki Langit Yang Patut Dicoba yang dipublish pada Agustus 14, 2022 di website ALUR Berita

Artikel Terkait

Leave a Comment