Laptop Gaming Terbaik Asus X550IU

Review Spesifikasi Asus X550IU, Laptop Gaming Terbaik, Harga Terjangkau

Laptop yang satu ini merupakan salah satu laptop gaming terbaik yang bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki kegemaran dalam bermain game berat, namun memiliki budget terbatas.

Asus X550IU ini merupakan laptop gaming terbaik yang terbilang terjangkau, hanya dibanderol dengan harga Rp 9,5 jutaan saja. 

Lumayan jauh jika dibandingkan dengan kompetitor yang memiliki spesifikasi hampir sama namun, dibandrol denah harga yang bisa menembus belasan juta rupiah.

Spesifikasi dari Laptop Gaming Terbaik Asus X550IU

Asus X550IU adalah laptop gaming terbaik pertama yang ada di Indonesia dengan desain Polaris dan tenaga AMD 7th Gen APU Bristol Ridge versi 35 Watt, yakni FX-9830P dengan kecepatan hingga mencapai 3.7 GHz.

Ditambah lagi dengan memori RAM tipe DDR4 yang memiliki kapasitas 8GB, dengan kecepatan 2133 MHz yang dapat didongkrak hingga mencapai 16GB, karena memiliki slot ganda.

Mengenai hal ruang penyimpanan, laptop dengan desain yang stylish ini mengandalkan hard disk yang memiliki kapasitas 1 terabyte (TB). Kerennya lagi, Asus X550IU ini memiliki dua kartu grafis, yakni R7 

Graphics (512 SP) ini terdapat di dalam APU AMD FX-9830P dan Radeon RX 460. R7 Graphics akan bekerja ketika hanya menggunakan laptop untuk aktivitas sehari-hari pada Windows, sementara untuk Radeon RX 460 saat akan bermain game.

Namun, pengguna juga bisa mengaktifkan keduanya secara manual. Radeon RX 460 dilengkapi dengan memori 4GB yang memiliki tipe GDDR5, yang didukung 896 Stream Processor atau sama seperti varian desktopnya.

GPU Radeon RX 460 ini tersedia dalam kecepatan 1180 MHz, sementara untuk memorinya memiliki kecepatan 5000 MHz. Jika dilihat dari segi desain, laptop gaming terbaik Asus X550IU ini tampil identik dengan pendahulunya, X550VX. Mulai dari varian warna, finishing, bagian cover hingga area workstation. 

Cover LCDnya diberi warna hitam legam dengan glossy finishing serta adanya sentuhan grafis (garis-garis merah) dengan gaya futuristik, mirip dengan jajaran laptop gaming terbaik ROG (Republic of Gamers) seri terdahulu.

Kelemahan dari glossy finishing ialah selain licin ketika dipegang, juga mudah tergores benda tumpul serta mudah untuk meninggalkan jejak sidik jari. Jadi, bagi yang tangannya berkeringat, harus rajin untuk membersihkan bagian cover supaya selalu tampak bersih dan berkilau.

Hampir seluruh jajaran laptop gaming terbaik Asus X Series tampil dengan desain yang praktis karena dirancang untuk multitasking dan hiburan sehari-hari. 

Dengan tepian desain bodi yang agak membulat dan palm rests bermotif, Asus X550IU mampu memberikan kesan canggih dan elegan. Juga dilengkapi dengan touchpad besar yang intuitif serta fitur Smart Gesture input.

Keseluruhan dari bodi laptop dengan layar 15,6 inci (full HD 1920 × 1080 piksel) ini dikemas dengan material plastik yang cukup tebal dengan kualitas menengah. Sasis dan cover LCD-nya pun terbilang kokoh dan solid hingga pada bagian tepi bodi dan area workstation.

Dengan dimensi 380mm (panjang) dan 251mm (lebar) serta memiliki ketebalan 31,7mm, laptop ini memang tidak terlalu tebal atau tipis dan juga tidak terlalu besar. Namun, bobot laptop yang mencapai 2,45 kg, membuatnya kurang layak untuk dibawa sebagai teman mobilitas sehari-hari.

Apalagi, ditambah dengan desain cooling systemnya masih tunggal sehingga tidak disarankan jika sering dipangku saat bekerja karena mudah panas.  Belum lagi, laptop ini tidak dilengkapi dengan adanya backlight keyboard layaknya gaming laptop pada umumnya. Namun wajar, karena harganya yang cukup terjangkau dan mungkin dapat memangkas biaya produksi.

Pada awalnya ASUS mengakalinya dengan memberikan warna oranye pada font di atas tuts keyboard. Namun sayang, langkah tersebut masih belum bisa membantu ketika menggunakannya di kondisi cahaya rendah. 

Pantulan cahaya dari LCD, membuat tuts keyboard tersebut tetap tak terlihat dengan optimal. Mengenai konektivitas tidak diragukan lagi, Asus X550IU dilengkapi dengan Bluetooth controller Ver 4.1 dan WiFi Realtek 8821AE dengan standarisasi 802.11 ac. Dalam hal koneksi kabel, tersedia sebuah chip network adapter gigabit buatan dari Realtek.

Itulah dia beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh laptop gaming terbaik ASUS X550IU ini. Jadi, selain bergabung dengan komunitas gaming terbesar di Indonesia, kamu juga bisa dengan memilih laptop gaming yang tepat untuk lebih mendalam mengasah skill bermain game.

5/5 - (1 vote)
Jefri Salahudin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Review Spesifikasi Asus X550IU, Laptop Gaming Terbaik, Harga Terjangkau yang dipublish pada Desember 26, 2022 di website ALUR Berita

Artikel Terkait

Leave a Comment